Pasar tradisional yang terdesak

Nasib pasar tradisional? Lihat saja pasar tradisional di Cikarang Baru ini. Namanya dulu Passimal. Katanya artinya pasar siang malam, bisa aja bikin singkatan. Singkatang Jababeka saja sudah aneh ini ada singkatan yang lebih aneh lagi. Pasarnya seperti apa? Bau, becek, tak teratur, kotor. Benar-benar menurunkan semangat membeli, bukan meningkatkan hasrat kita membeli sesuatu.

Pasar Tradisional Passimal tinggal kenangan, sekarang era-nya Pasar Modern. Mmmm… lebih mendingan, bangunan permanen dua lantai, tapi lantai atas-nya masih kosong. Berjualan semua kebutuhan sehari-hari dari beras, sayuran sampai buah dan ikan segar yg masih berenang di kolam-nya. Kayaknya yg jualan disitu sebagian besar adalah mantan penghuni Passimal. Jadi meskipun sedikit terbantu oleh kondisi infrastruktur pasar tradisionalnya, namun sikap mentalnya belum berubah. Inilah contoh fasilitas yang lebih maju dari pengguna fasilitasnya. Akibatnya? lantai basah, pasar bau, sumpek kurang sirkulasi udara, agak gelap. Lagi-lagi, tidak menarik minat untuk membelanjakan sesuatu disana.

Coba bandingkan dengan Alfa Supermarket (sekarang malah diakuisisi Carrefour Express) dan ritel-ritel kecil macam Alfamart dan Indomaret. Wah, gak tega menuliskan perbedaannya…

Penulis yang sebenernya ingin sekali ikut menggerakkan perekonomian rakyat, dengan berbelanja ke pasar tradisional dibanding ke carrefour, ternyata di ujungnya masih mendingan mampir ke Plaza JB Carrefour Express atau malah ke Alfa/Indomaret.

Hhhh… bagaimana pasar tradisional itu akan bertahan ya?
Tapi hati penulis sejuk kembali setelah mengingat Pasar (tradisional) Lodaya di Bandung. Bersih, teratur, tidak perlu nawar, serba ada. Nyaman…

14 responses to “Pasar tradisional yang terdesak

  1. wah….sangat prihatin sich..dengan keadaan pasar traditional sekarang ini…tapi kadang tidak adanya kesadaran pihak penjual…yang membuat kita..memilh swalayan.
    bayangkan…kurang perhatiannya penjual untuk kebersihan barang dagangannya…khususnya pd product siap saji (nakanan) kadang perbandingan harga pun tidak terlalu jauh…..
    dengan harga swalayan.
    intinya….bukan tega atau tdk tega untuk membandingan antara swalayan dengan pasar traditional.ini untuk kebaikan untuk menuju yang lebih baik…..

  2. wah ngikut prihatin juga mas, semoga pasar tradisional tidak mati, jadi inget dengan malioboro dengan pasar bring harjonya, meskipun tradisional tetapi tidak kalah ramai dengan swalayan yang ada di lokasi yang sama.

  3. maaf mas satya agak kurang setuju dengan pendapat anda anda jangan berpikir bahwa pasra tradisional tuh kumuh,,becek,,apalagi namanya,,,,bau lah,,,anda harus meliat,,,,,dan merasakan gi mana dagang di pasar trdisional,,,,,,jangancuma komentara aja,,,,,jadi anda tau ,,,gimana,,keadaan nya yang sebenar nya’

  4. makasih sebelumnya cikarang pos, gw mo kasih tau dan tolong polisi ckr jababeka d cos papyliun yg d belakan rs hi d sewakan harian buat mesum terus tolon d tindak makasi, klo gak d grebek aja !!

  5. ya.. benar sekali trend pasar tradisional selalu kalah dengan pasar modern. hal ini disebabkan oleh brand maindetnya orang kita bahwa yang ada embel-embel asing itu selalu dihargain mahal meskipun sumbernya dari cibaduyut juga..

  6. Justru disitu nilai dr sebuah pasar. Dimana ekonomi rakyat yg bisa membuat sebuah pasar tanpa “kebecekan, bau dan teman2nya”? Ekonomi Indonesia dibangun dr psr tradisional pak. Kalau bukan kita, siapa lagi yg mau memberdayakannya?

  7. Kasihan banget…….kota se-modern jababeka ada pasar yang begitu……apa gue bilang…..cepet jadikan ….pasar pasimal jadi pasar modern…..saya udah omong ke pak ruslan tuk cari investor…..biar rapih gitu…malu lho banyak orang asing yang pada main golf lewat situ!!?……gak macing…ditata donk…ditata……

  8. Tapi mulai saat ini sudah ada rencana pembuatan pasar bersih di wilayah Cikarang, khususnya di Jababeka. Spanduk dan umbul – umbulnya juga sudah terpasang disana – sini. Mudah – mudahan pasar bersih yang akan dibangun ini bisa menjadi pasar yang selama ini kita harapkan, yatu pasar tradisonal yang tidak kalah bersih dan rapi dibanding mal ataupun swalayan.

  9. Untuk itu ada pihak swasta yg mau menyikapi hal ini dengan membangun PASAR BERSIH CIKARANG,Konsep tradisional dengan tatanan tempat berjualan dan fasilitas yang modern.
    Pedagang kecil bisa berjualan dengan harga sewa lapak yang murah dan pembeli bisa nyaman dengan kondisi pasar yang bersih dan wangi.
    Y susanto bisa memberi info kepada anda tentang PASAR BERSIH CIKARANG di 0812 8399 7227 / 08788 646 2266 / 021 93671673

  10. PASAR MODERN YANG MEMBANGGAKAN
    “PASAR BERSIH CIKARANG”
    Terletak di pintu 11 Jababeka 2 Cikarang baru
    Jl. Tarum Barat Raya
    Untuk kios dan ruko bisa dipesan kepada :
    S U S A N T O
    0812 8399 7227 / 08788 646 2266

  11. Tapi kini ada terobosan baru yang hebat yaitu “PASAR BERSIH CIKARANG” yang nantinya berada dlm satu lahan dengan APARTEMEN dan OFFICE TOWER.
    Kami jual KIOS dan RUKO 2 Lantai dengan nilai USAHA dan INVESTASI yang PASTI UNTUNG….
    Pesan segera kepada Sdr. YOKE di 0812 8399 7227 / (021) 27 2007 99

  12. INVESTASI ????? jujur bagusnya di kios seperti PASAR BERSIH CIKARANG, hanya Uang tanda jadi 2 juta saja.
    Hubungi : YO SUSANTO 081283997227 / 021-70031027

  13. ikuti jejak langkahnya

  14. PASAR BERSIH Cikarang Baru sudah resmi dibuka tgl. 15/10 bagi anda yang ingi berjualan atau berinvestasi ada lapak yang disewakan dengan harga terjangkau, dan kalau inin KIOS ada yang mau di over KIOS menghadap Lapak, kalau booking baru kios menghadap lapak sudah tidak ada / sdh habis, ada juga yang mau di over sehubungan pemiliknya pindah keluar jawa bagi yang berminat hubungi : 0811973529. Kios sudah siap untuk usaha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s