Kota Jababeka, berkembang kemana lagi??

Baca di Bisnis Indonesia, Jababeka mucul dan sedang membatalkan rencana pembuatan ‘dry port’. Gak terlalu yakin apa ini ‘dry port’ tapi kayaknya semacam port (pelabuhan) namun tidak perlu ada laut. Jadi lebih port sebagai administratif (mungkin), melancarkan ekspor impor. Promising sih, apalagi jika nanti jalan tol Tambun ke Priuk sudah nyambung.

indonesiamovieland

Disitu disebut juga movieland, yang katanya sudah MOU dengan Multivision. Omong-omong Movieland ini tempatnya dimana sih? Pembangunan fisik yang tampak telihat di sekitar Cikarang Golf (Penabur dan Al Ahzar) lalu di Bekasi Power (Jababeka 3?). Tapi kok tak tampak Movieland ini mau dibangun dimana.

Jababeka 3? Mungkin ini sisi kiri jalan raya dari Pasir Gombong menuju Lemahabang? Who knows… tampaknya sudah mulai diratakan, dibangun jalan akses, bahkan sudah nembus sampai jalan industri yang ke Cikarang Kota (Pasar Cikarang, SGC, dlsb).

Disebut juga Medical City. Mungkin letaknya di sekitar bundaran besar yang ke arah Cikarang Golf itu? Yang kemarin habis diurug besar-besaran?

Makin berkembang. Dan juga makin hijau dengan Botanical Garden juga. Meski sekarang pohonnya masih kecil kecil hehehe…

Seems to be a good City Management.
Moga-moga aja seterusnya bisa begini, meskipun ragu juga sih kalau suatu saat nanti city management dialihkan ke PEMDA apa bisa masih serapi sekarang???

Hopefully Cikarang benar-benar bakal menjadi zona internasional… seperti tertulis disini
Macet Pembangunan Fly Over Cikarang di mycityblogging….

5 responses to “Kota Jababeka, berkembang kemana lagi??

  1. Berita bagus nich… Cikarang yang dulu orang mengenal produksi batanya.. kedepan dari cikarang akan lahir bintang-bintang film keluaran Cikarang Hollywoods.Semoga..

  2. Weleh….welleeeeh…..dulu di tahun 70an katanya cikarang tempat jin buang anak….sekarang bakal tempat memproduksi binatang..eh…bintang pelem….h3..6x..boleh juga….tapi kok pasar pasimalnya agak kumuh yaaah…..beresin donk pak ruslan!!!………h3…6x

  3. Dimasa Mendatang Cikarang akan menjadi suatu kawasan Industri terbesar se-Asia Tenggara, Pusat Bisnis dan perdagangan setelah Kota Jakarta yang akan menjadi Trend dalam 10 tahun kedepan. Hal ini akan ditandai banyaknya Pembangunan Office Tower dimasing-masing properti seperti : Lippo Cikarang, Jababeka dan Deltamas yang untuk memenuhi kebutuhan perkantoran yg melayani kebutuhan pabrik di Cikarang, Cibitung dan sekitarnya.

  4. Saya lihat perkembangan daerah Cikarang terutama sekarang banyak perubahan dan perkembangan yang pesat. Hal ini ditandai dengan banyaknya projek masa mendatang oleh Pemerintah Pusat yang akan melibatkan daerah Cikarang seperti :

    1. Pembangunan Jalan Tol langsung Tanjung Priok – Cikarang dg sebutan Tanjung Karang sepanjang 47 Km. Projek ini untuk mendukung kelancaran aktivitas transportasi pengiriman barang dari Pabrik Cikarang ke Tanjung Priok maupun sebaliknya.
    2. Pembangunan Jakarta Outer Ring Road atau JORR 2 yang melintas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, melingkar ke arah Serpong, Cinere, Jagorawi, hingga Cibitung, Cilincing, Tanjung Priok sepanjang 122,6 km. Dengan adanya JORR 2 tersebut akan semakin mempertegas keberadaan peran Fital Cikarang dan sekitarnya dimasa mendatang sebagai sentral Industri, Bisnis dan Perdagangan setelah Kota Jakarta sendiri.
    3. Projek besar-besaran yang akan dibangun MRT (sebuah Kereta Bawah Tanah) yang menghubungkan Balaraja(Tangerang)-Jakarta-Cikarang dan sebaliknya sepanjang 47km. Projek ini ditaksir menghabiskan dana hampir
    33 Triliun. Dana dimodali sepenuhnya dari JICA dan Pemda Pusat , yang mana akan memakan waktu hingga tahun 2027 penyelesaian operasionalnya.
    4. Adanya wacana dari Pemerintah Indonesia yang menargetkan menjadi negara industri baru pada 2015-2020 dan pada 2025 menjadi negara industri maju, kata Sekretaris Ditjen Industri Agro dan Kimia Kementerian Perindustrian Atang Sugiyono. Hal ini semakin menegaskan peranan Cikarang dimasa mendatang sebagai sentral pusat Industri Besar skala Internasional se-Asia Tenggara. Dimana dimasa mendatang Cikarang akan menjadi daerah dengan status Internasional.
    5. Lokasi Cikarang sendiri yang sangat strategis, yaitu berdekatan dengan 2 kota Besar yaitu : Bandung dan Jakarta. Dimana dimasa mendatang sebagai jalur penghubung dan transit bagi para bisnis maupun pejabat antara ke-2 Kota tersebut.

    Dengan berbagai kebijakan dan wacana tersebut dapatlah kita simpulkan bahwa Cikarang akan dibentuk oleh Pemerintah menjadi suatu :
    ” Daerah yang prospektif dimasa mendatang dalam kurun waktu 10 tahun mulai dari sekarang tahun 2011 untuk menjadi Pusat Industri, Bisnis, Perdagangan serta Kawasan pengganti Kota kedua setelah Kota Jakarta mengingat lokasinya yang berdekatan sebagai Trend sentral Bisnis baru”

  5. CIKARANG DRY PORT…?? LIHAT LAH DI TECHNO PARK…DEPAN POLRES BEKASI..
    APA ITU DRY PORT…adalah pelabuhan Export Import yang telah dibukan dari tahun 2010 dan menjadi KPPT..silahkan berkunjung ke website Cikarang Dry Port / IDJBK…sebagai port of lading and port of destination…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s